Faktor SEO yaitu sesuatu yang sudah usang menjadi “penelitian” para pelaku meningkatkan secara optimal website. Mesin pencari menyerupai Google tidak pernah mengumumkan secara terang-terangan semua faktor SEO yang mereka gunakan.
- ONPAGE
- USER EXPERIENCE
- BACKLINK
Kenapa urutannya menyerupai ini? Saya akan jelaskan satu per satu.
Faktor SEO Onpage
- Title tag dan meta description
- Konten yang lengkap
- Sitewide link.
Faktor SEO USER EXPERIENCE
Ok, kini anggap saja konten anda sudah mantap onpage-nya. Apakah itu sudah cukup? Ternyata belum. Onpage yang maksimum hanya akan membantu Google mengenali konten anda dan menganggapnya cukup baik untuk dihidangkan.
Makara kini Google akan sesekali menghidangkan konten anda ke penggunanya. Anggaplah kata kunci tersebut memiliki 1000 pencarian per hari. Dari 1000 pencarian ini Google terkadang akan memunculkan halaman-halaman gres di peringkat teratas untuk melihat reaksi pengunjung terhadap halaman-halaman gres ini.
Reaksi pengunjung ini disebut sebagai user experience…. Di sini Google akan melihat apakah pengunjung bertahan melewati batas waktu tertentu, atau … pengunjung mengunjungi halaman lain di website anda,… atau malah kabur dari website anda sebelum batas waktu yang diharapkan oleh Google tercapai.
Yang bermain di user experience ini bukan hanya kelengkapan konten anda, tapi juga desain dari halaman web dan gaya bahasa goresan pena anda. Ini sanggup dilihat dari beberapa hal berikut ini:
- Apakah desain web anda memiliki navigasi yang gampang untuk pengunjung?
- Apakah goresan pena anda lezat dibaca?
- Apakah pengunjung terpancing berkomentar?
- Apakah pengunjung membaca artikel anda yang lain?
Selain itu ada beberapa hal lainnya yang akan menciptakan pengunjung merasa tidak betah di website anda:
- Teks anda terlalu kecil atau terlalu besar
- Tulisan anda terlalu panjang di tiap paragrafnya
- Kontrasnya menyakitkan mata
- Tidak scanable
Apa itu scanable? Anda harus tahu walaupun artikel anda lengkap? Biasanya pembaca merasa hanya ingin membaca hal yang dibutuhkannya saja. Makara anda harus sanggup membantu pembaca anda biar mereka dengan cepat menemukan apa yang dibutuhkannya.
Anda sanggup melaksanakan ini dengan menawarkan daftar pembahasan yang dibahas di artikel tersebut, atau menawarkan poin-poin dan cetak tebal pada hal-hal yang penting.
Faktor SEO Backlink
Backlink sudah jatuh dari posisinya yang sangat mayoritas di dalam optimasi. Berbeda dengan 10 hingga 5 tahun yang kemudian di mana backlink yaitu faktor SEO yang begitu memilih peringkat. Sekarang backlink menjadi salah satu faktor suplemen saja di dalam optimasi.
Tapi bukan berarti backlink sudah tidak penting lagi….
Kalau anda cukup memperhatikan hasil-hasil pencarian di SERP, anda akan menemukan bahwa aneka macam website yang backlinknya sangat minim ketika ini sanggup menjadi ranking 1. Kalau anda memperhatikan biasanya halaman menyerupai ini bukan hanya memiliki konten yang panjang, tetapi juga umur yang sudah usang (di atas satu tahun), dan memiliki banyak komentar dari pengunjungnya.
Makara ketika ini masih terlalu sulit untuk memenangkan persaingan hanya dengan mengandalkan artikel yang lengkap saja. Kenapa? Karena aneka macam orang yang sanggup menciptakan artikel yang memiliki pembahasan yang lengkap.
Biasanya artikel yang lengkap ini harus “sudah menerangkan diri” dalam kurun waktu yang panjang dan mendapat banyak respon dari pengunjungnya. Jika artikel ini sanggup melewati waktu yang panjang ini dan mendapat banyak respon, maka sanggup dikatakan artikel ini akan sanggup ranking tanpa backlink sedikitpun.
Tapi kalau anda mau menyaingi artikel yang memiliki reputasi menyerupai ini? Anda tidak akan sanggup menang hanya mengandalkan artikel gres yang panjang. Usia artikel dan komentar yang panjang yang tidak sanggup anda dapatkan dalam waktu singkat ini hanya akan sanggup anda imbangi dengan menambahkan backlink….
Hanya saja untuk kata kunci yang persaingannya berat; anda tidak akan sanggup menyingkirkan begitu saja peringkat 5 besar hanya dengan menambahkan backlink.
Kalau anda menargetkan kata kunci yang sulit, maka anda harus bersabar untuk mendapat ranking yang anda harapkan. Google akan benar-benar menilai user experience di halaman website anda untuk beberapa waktu (bisa 2 hingga 4 bulan) sebelum mengizinkan anda naik ke peringkat 5 besar.